Senin, 31 Oktober 2011

Fight, Allele!

Please Allele, Kak D sayang kamu!

                Gue, Moms, Pops, lagi nunggu L diperiksa dokter. Moms, Pops keliatan banget capek, frustasi.
                “L, sampai kapan mau gini terus ya Pops? Rasanya sudah lama sekali ngeliat L menderita”
                “Moms, L aja kuat, kamu jangan kayak gini dong” Jawab Pops
                Gue juga capek, sedih, frustasi. L itu bagian dari diri gue, gue terlalu sayang sama dia. Semua ini berawal dari kejadian 3 bulan yang lalu, waktu pertama kali L pingsan gak jelas gini.
                Waktu itu adalah hari pengumuman kelulusan masuk SMA. Gue sama L sih udah liat hasilnya di Web, dan hasilnya kita memang lulus, Cuma yah kurang afdol aja rasanya kalo belum liat sendiri kesana. Jadilah kami jalan kesekeloah itu berdua, waktu itu emang matahari lagi terik-teriknya, dan L maksa gue buat naik motor aja. Beralasan sih ya, nginget hari itu adalah pengumuman klulusan hasil masuk SMA serempak di Jakarata, jadi ya bisa dipastikan macetnya seperti apa. Sampe disekolah, situasi crowded banget deh pokoknya, bukan Cuma anaknya, emak-babenyapun ikut serta menambah kepenuh dan sesak-an lobby sekolah yang sebenarnya sih gak kecil juga. Pas deh gue udah nemu nama gue sama L, tiba-tiba aja L pingsan. Untung kerumunan rame, jadi L bukan jatuh ke lantai tapi ke orang-orang yang berdiri di belakangnya. Langsung aja L digotong rame-rame ke UKS sekolah. Yah, gak berapa lama kemudian L langsung siuman. Tapi L bilang pulangnya nantian aja, malu soalnya kalo lewat. Yah gue sih oke aja, sore baru kita pulang waktu itu.
                Beberapa hari kemudian, gue sama l lagi ngumpulin berkas-berkas buat daftar ulang. Gak ngerti gimana ceritanya, Moms udah liat L terkapar aja dilantai. Gue paniklah ya, langsung telpon ambulance, dan kita juga usaha buat sadarin L, tapi L gak juga bangun, sampe akhirnya ambulance dateng juga L gak bangun. Akhirnya sampe rumah sakit dia langsung dibawa ke UGD, waktu itu L di cek macem-macem, sampe CT scan segala. Yah, Pops sama Moms gak mau ambil risiko aja, supaya clear masalahnya L dimana, dan kalaupun sebenarnya L gakpapa tadinya, ‘kan pas pingsan kepala L kebentur trus kalo da tulang yang patah? :’(
                L baru bangun pas sudah sampai di kamar inapnya di RS, yah sekalian nunggu hasilnya keluar, lagipula hitungannya L pingsan sekitar 6 jam. Kak Allece sampe pulang ke Jakarta waktu itu, panik sekali denger L sampe masuk RS, Nenek juga ikut.
                Malemnya kata dokter hasil cek dan segala ceknya L bakalan keluar, gue nunggu Moms sama Pops di depan ruangan dokternya. Feeling gak enak gue kayak jadi kenyataan pas Mom keluar sambil nangis sampe sesenggukan dari ruang dokter.
                “L kenapa Pops? Semuanya oke kan?”
                “Allele Pops yang cantik, kasian dia” Kata Pops waktu itu, keliatan sekali dia berusaha nahan air mata.
                “What’s wrong with L Papa? Jawab D!!” Kat ague gemes sendiri.
                “L… dia kena kanker otak, stadium 3” Pops beneran nangis habis bilang itu. Gue lemes. Speechless.
                “Kenapa mesti sekarang, tuhan? Kita baru aja mau masuk SMA” Sekarang gue baru nyesel, dulu gak pernah nanggepin serius setiap L bilang kepalanya sakit.
***
                Moms, Pops, Kak C, Nenek, apalagi gue, gak ada yang ngerti gimana caranya jelasin ke Allele tentang keadaanya.
“Moms, L kapan pulang sih? Kan pengen jalan-jalan nih, mumpung Kak C sama nenek disini” Rengek L besok paginya.
“Sabar ya sayang, hari ini L di CT scan dulu ya, biar pasti L gakpapa, soalnya kemarin pas L pingsan kepalanya kebentur lantai ‘kan?” Jawab Moms
“Oh gitu, yaudah L mandi dulu kali ya, siapa tau testnya bisa lebih pagi kalo L sudah siap, ‘kan?” Tanya L, polos banget. Gue miris liat Moms bohong ke dia. Tapi bukan Cuma gue, semua berharap hasil yang kemarin salah, dan hasil test hari ini beda sama kemarin.
***
L jadi di CT scan ulang pagi itu, sekitar jam & malem, Pops sama Moms sudah di ruang dokter yang kemarin, dan hari ini gue maksa ikut, Kak C sama Nenek yang nemenin L dikamar.
“Maaf sekali, Bapak, Ibu, dan adik, saya sangat menyesal karena harus mengatakan hasil test hari ini sama dengan hasil test kemarin” Gue lemes lagi. Moms nangis lagi.
“Tolong bicara secepatnya ke Allele, lebih cepat lebih baik, karena kita tidak tau seberapa lama Allele bisa bertahan”
“Berapa lama waktu yang Allele punya dok?” Tanya gue tanpa sadar.
“Itu tergantung daya tahan pasien dik, kalau dalam kondisi Allele, kira-kira bertahan dalam satu tahun, dan mungkin bisa berkurang atau bertambah, tergantung perawatan…..” Gue keluar tanpa permisi, gue tau itu gak sopan, tapi bener deh, gue gak kuat lama-lama disana. Miris, kayak ngerasa setengah hidup gue divonis mati. 
Gue butuh udara segar.
Gue udah mau jalan ke taman rumah sakit, waktu sampe lobby ternyata diluar hujan.... Gue keinget L, dia suka sekali hujan, dan dia lebih suka lagi jalan di bawah hujan. Sekarang air mata gue udah gak bisa ditahan buat keluar. Gimana caranya L main hujan-hujanan lagi kalo dia sakit kayak gini? Oh God......
***

Waktu gue balik ke Kamar L, semuanya udah kayak fokus ke L.
“Eh, ini Kak D, eh? Sampe mana tadi Pops? Ayo lanjutin” Kata L tenang-tenang aja.
“Allele sejak kapan ngerasa kepalanya sakit?” Moms malah nyela.
“Kapan ya? L lupa Moms, sejak kelas 3 kemarin kali ya, tapi paling ilang sendiri, atau kalo keras L minum obat yang di kotak P3K diumah. Kenapa sih Mom? Emang ada hubungannya ya sama pingsannya L?” L keliatan semakin gak ngerti.
“Kenapa L gak pernah cerita ke Mom waktu kepala L sakit?” Moms sudah nangis aja.
“Gak penting sih mom kalo L pikir, emang L kenapa sih mom? Kok Mom nangis?”
“Sayang…” Moms megang kedua tangan L, terus nelungkupin wajahnya disana.
“Mom, kalo gak kuat biar Pop aja yang lanjutin” Kata Kak C.
“Diem Kak! Mom kuat kok lanjutinnya” Kata Moms
“Heloooo, I’m here yaa, gak bisa apa ada yang certain adik, what’s wrong?” L kesel sendiri.
“Dengerin Moms ya Allele sayang.. L bisa kok, Moms yakin, banyak kok orang yang sembuh total, yang penting L berjuang ya?” Kata Moms.
“Okay moms, stop bertele-tele ya, L beneran gak ngerti” Kata L
“Iya, L. Jadi waktu L pingsan kemarin sebenernya L sudah di cek segala macem test, dan yang tadi pagi itu Cuma re-check, yang sebenarnya kami sangat berharap kalo hasilnya berubah”
So?” L keliatan sekali bosen cara ngomong Moms yang muter-muter itu.
“Hasilnya dua kali membuktikan, kalo L kena kanker otak… dan sudah stadium 3” Moms langsung nutup wajahnya pake tangan sendiri. Dia tau kalo air matanya akan keluar lebih bar-bar daripada sebelumnya. Gue duduk kesebelah L dan meluk dia.
“Kakak disini L, dan bakalan selalu disini buat L” gue bisikin L.
Keliatan dari wajahnya L gamang sekali, mungkin rasanya antara gamang, nyesek dan sedih jadi satu. Dan suasana jadi hening, Cuma suara nangisnya Moms yang kedengeran.
Leave me alone, please” Kata L akhirnya. Semua kaget, Moms yang pertama keluar. Pops cium tangan L terus keluar.
“Besok kita jalan-jalan ya, kemana kek, makan apa aja boleh, kakak yang bayar” Kata Kak Allece, berusaha menghibur lalu mencium pipi L, dan keluar.
“Nenek tau L kuat, iya ‘kan?” Nenek meluk L sebentar trus keluar juga.
I’m Half of yourself Allele” Lalu gue ngelus kedua alis L sekali, dan gue beranjak keluar.
“Jangan tinggalin L kak, L takut” Akhirnya ‘kan? Gue tau L Cuma bisa gini ke gue. Gue peluk dia.
Tell me it’s all just nightmare kak..” Kata L yang udah nangis sesenggukan di pundak gue.
I do want to say that sweety. But, I can’t” Jawab gue.
L nangis lama sekali, sampe akhirnya ketiduran.
***
Besoknya L maksa minta pulang, dia bilang muak sama bau rumah sakit.
“Tapi masih ada check yang mesti L jalanin sayang” Kata Pops
“Kalo L gakmau, pops bisa apa?”
“Allele jangan kayak gini yaa” Kata Nenek
“Pokoknya kalo gak ada yang mau nganter L pulang, L mau pulang sendiri aja!” Kata L sambil lari ke luar.
“Biar D yang anter dia pulang Pops, tenang aja, dia aman sama D” Kata gue sambil lari nyusulin L keluar.
Yah gitu deh, setelah drama pulang paksa itu, dirumah gak ada yang mau nanya-nanya soal penyakit ‘itu’ke L, takutnya dia tambah nekat lagi. Lagipula kata Dokter, jangan terlalu menekan L, L pastinya sudah cukup tertekan dari dalam dan dari penyakitnya. Dokter nyaranin kasi L kesempatan buat berpikir. Dan bener aja, seminggu dari pulang dari rumah sakit itu akhirnya L yang bilang mau ‘bicara’.
***
Kami kumpul di ruang tamu habis makan malam. Nenek sudah balik ke Yogya kemarinnya, tapi Kak C maunya nyusul antara lusanya atau minggu depannya.
“Mom, Pop, dan Kak C kak D…” Semua langsung member tatapan ‘ya?’ ke L.
“Mulai sekarang, pelan-pelan tolong semua belajar buat ikhlsin L pergi, ya?”
“Allele ngomong apa sih?” Gue emosi dengernya.
“Tolong dengerin adik ngomong sampai selesai dulu” Kata L
Go on Allele” Kata Pops
“L gak mau jadi jelek karena kemoterapi atau apapun itu, ataupun ngambil resiko buat dioperasi dengan kemungkinan 50 banding 50, sedangkan L masih bisa hidup normal dalam setahun ini, ‘kan?”
“Kamu tau terlalu banyak L, darimana?” Moms sudah nangis (lagi)
We’re life in sophisticated era mom, I’m browsing it
“Tapi adik belum nyoba, ‘kan? Gak ada salahnya kan mencoba?” Sela Kak C.
“L minta tolong ya semua, L Cuma pengen hidup normal. In the rest of my life…” Lanjut L.
“Adik baru aja mau masuk SMA, baru mau manjangin rambut, Kata Moms kalo cewek lebih bagus kalau rambutnya panjang? Gimana L bisa punya rambut panjang kala L dioperasi atau dikemo?” Gue merinding denger L ngomong gini.
“Rambut gak jadi masalah L, Pops beliin L wig paling mahal, kalo perlu!” Kata Pops.
“Lalu pada intinya itu rambut L? Bukan ‘kan?”
“L juga pengen punya clique cewek-cewek gitu, biar bisa belanja bareng, belajar bareng, kesalon bareng, nonton DVD, kesalon, bahkan sampai gosipin cowok bareng. Normal ‘kan? Gak berlebihan ‘kan yang adik minta?” Kata L, matanya mulai berkaca-kaca.
“Normal kok sayang, adik bisa dapetin semua itu, asalkan berobat dulu, ya?” Bujuk Moms.
“Kalo L berobat, kapan L sekolah? Yang lebih parah kalo L sekolah nantinya, emang ada yang mau temenan sama L? Udah kurus kering, botak pula! Trus kalo usaha kita gagal, trus L gak sembuh emang Moms, Pops, Kak C sama Kak D tega liat adik meninggal dengan keadaan kayak gitu?” Gue langsung duduk kesebelah L.
Gue gak kuat, gue bekep mulutnya L supaya dia berenti bilang yang gak-gak. Pops, Moms sama Kak D juga keliatan gak kuat denger L ngomong.
“Cukup L, berenti ngomong yang gak-gak” Kata gue.
“Adik frustasi kak, adik butuh dukungan sekarang, kenapa sih gak ada yang dukung adik?” Kata L masih nangis.
“Moms, Pops, gimana dong? Kita juga gak bisa ‘kan maksa L berobat kalo L sendiri gakmau berobat?” Tanya kak C.
Moms sama Pops pandang-pandangan beberapa saat, akhirnya Moms geleng-geleng pasrah ke Pops.
“Kami ngalah L, dengan catatan L harus bisa jaga diri. L harus ngerti sampai mana L boleh capek, gak boleh pingsan-pingsan lagi. L juga boleh berubah pikiran, kapanpun L pada akhirnya mau berobat. Dan L harus seneng-seneng terus, ‘ya?” Sepertinya Pops sudah mengambil keputusan.
“Allele juga harus rajin ke gereja, banyak berdoa dan harus nurut kalau Moms menemukan pengobatan alternative, negosiasi final, L. Gak ada tawar-menawar lagi” Moms nyambung kata-kata Pops.
Deal Pops, deal Moms, and deal all” Kata L mendadak ceria.
Let’s hugging each other like telletubies do” Kata Kak C sebenernya cuma basa-basi. Eh kami beneran berpelukan -_-
Begitulah, ini pertama kalinya L pingsan lagi setelah ‘perjanjian’ itu. L juga gak berobat, dia Cuma minum obat penghilang rasa sakit dosis rendah kalo dia beneran gak tahan sama sakit kepalanya. L memang semakin rajin ke gereja sejak saat ‘itu’. Somehow, gue pengen gue aja yang diposisi L, gue gak tega liat dia mesti pake selang oksigen dan tidur di ruangan putih pucat rumah sakit, kayak sekarang ini....
***

Chapter #4 - END

2 komentar:

  1. wah tumben chapter 3 nya panjang :D hehehee. bagus bagus. kembangkan.

    BalasHapus
  2. I AM A NEW FASHION BLOGGER FROM INDONESIA, LIVING IN SINGAPORE.
    I LOVE YOUR BLOG,AND YOU AS WELL ! ! I AM NOW FOLLOWING YOUR BLOG,YOU CAN CHECK IT!! IT WOULD BE AN HONOR IF YOU FOLLOW MY BLOG BACK:

    seekthesleek.blogspot.com
    if you follow my blog:
    - I WILL BE ACTIVE ON COMMENTING YOUR POSTS
    - I WILL RECOMMEND YOUR POSTS TO GOOGLE
    - I WILL SHARE YOUR POSTS TO MY TWITTER : @TIODANG
    PLEASE LET ME KNOW YOUR TWITTER ACCOUNT, SO I CAN MENTION YOU IF I SHARE YOUR POST TO MY TWITTER,
    AND FEEL FREE TO MENTION ME IF YOU WANT ME TO READ YOUR LATEST POST & LEAVE A COMMENT.
    LIST ME ON TWITTER , SO I WILL KNOW U'RE MY FOLLOWER
    -YOU CAN ADD ME ON FACEBOOK IF U WANT, I WILL ALWAYS CONFIRM MY FOLLOWERS

    (PLEASE TELL ME IF IT SAYS THAT I HAVENT FOLLOW YOUR BLOG, SOMETHING IS WRONG WITH MY BLOG RECENTLY, BUT IF IT'S FIXED, I WILL FOLLOW U AS SOON AS POSSIBLE)

    BalasHapus